Reques Pickup
Reques Pickup
Home / Single Post

Single Post

Cara Mencuci Jaket Bulu Angsa dan Merawatnya Supaya Awet
18 Jun
Posted by:  adminlaundry

Cara Mencuci Jaket Bulu Angsa Supaya Tidak Merusak Bahan

Cara mencuci jaket bulu angsa harus diikuti dengan benar supaya tidak merusak bahan. Fashion item ini wajib dibawa saat berkunjung ke Negara sub tropis saat musim dingin. Tidak hanya menghangatkan badan, tapi juga mendukung penampilan lebih trendy.

Meski demikian, perawatan bahan dari jaket ini tidak mudah. Perlakuannya tidak sama dengan bahan pakaian yang umumnya digunakan di Indonesia. Supaya tidak salah dan berakibat bahan bulu angsa rusak, simak cara mencuci dan perawatannya berikut ini!

Daftar Isi

Cara Mencuci Jaket Bulu Angsa Menggunakan Mesin

Berbeda dengan bahan katun biasa, urusan mencuci jaket dari bahan bulu memang perlu perlakuan khusus. Jika kamu terbiasa mengandalkan mesin untuk cuci pakaian, maka perhatikan hal-hal berikut ini saat mencuci jaket dari bahan bulu angsa.


1. Pastikan Menggunakan Air Bersih

Langkah pertama adalah memastikan air yang digunakan bersih dan berkualitas. Jika menggunakan sumber dari perusahaan air minum daerah, pastikan kebersihannya jika perlu, gunakan saringan agar air yang masuk ke mesin benar-benar bersih.


2. Gunakan Deterjen Khusus

Cara mencuci jaket bulu angsa harus memperhatikan kualitas detergen yang digunakan. Karena memanfaatkan tenaga mesin, sebaiknya gunakan deterjen cair yang lembut supaya tidak merusak tekstur bahan.

Kamu juga bisa membeli deterjen khusus untuk mesin cuci supaya tidak merusak bahan dan menjaganya tetap sama seperti bentuk semula. Sedikit lebih mahal dibanding deterjen biasa, tapi aman.


3. Gunakan Mode Delicate/Wool/Silk

Pilih mode mencuci paling halus supaya tidak menyebabkan kerusakan. Sebisa mungkin jangan dicampur dengan pakaian lain mengingat ukurannya lebih besar, dan perlu perlakuan berbeda.

4. Lakukan Perendaman

Setelah selesai proses pencucian menggunakan mesin, cara mencuci jaket bulu angsa selanjutnya adalah melakukan perendaman. Durasi perendaman menggunakan air bersih sekitar 15 menit dengan tujuan menghilangkan bekas detergen yang tertinggal.


5. Jangan Langsung Masuk Spinner

Setelah proses cuci menggunakan mesin dan perendaman air bersih selesai, diamkan beberapa saat. Jangan langsung masuk pengering atau spinner, tunggu minimal kadar air jaket sedikit berkurang supaya tidak mengkerut saat dikeringkan.


6. Penjemuran

Setelah pengeringan, jemur jaket di area terbuka dengan sirkulasi udara maksimal. Usahakan untuk tidak terpapar langsung cahaya matahari untuk menghindari warna bahan jadi cepat pudar.

 

Cara Mencuci Jaket Bulu Angsa secara Manual

Meski bisa dilakukan pencucian menggunakan mesin otomatis, tapi paling aman untuk membersihkan bahan dari bulu hewan adalah mencuci secara manual. Langkahnya cukup sederhana yaitu sebagai berikut:

1. Siapkan Air Bersih

Siapkan air bersih pada bak berukuran besar supaya bisa menampung jaket secara menyeluruh. Jika memungkinkan pisahkan dengan pakaian lain agar proses mencuci lebih maksimal.


2. Tuang Detergen Cair

Cara mencuci jaket bulu angsa selanjutnya tuang detergen secukupnya, pilih deterjen cair yang kandungannya aman untuk bahan alami seperti bulu domba. Kamu juga bisa memilih detergen yang mengandung sedikit SLS dan sudah ada pelembutnya.


3. Rendam Sebentar

Masukkan jaket, rendam sebentar saja untuk merontokkan kotoran-kotoran partikel besar jika ada. Bolak-balik cucian menggunakan tangan langsung supaya semua bagiannya terendam dan tersentuh detergen dengan sempurna.


4. Cara Mencuci Jaket Bulu Angsa dengan Mengucek

Inti dari proses pencucian manual adalah mengucek bagian kotor yang membandel. Gunakan sikat gigi bekas dengan bulu sikat lembut. Lakukan penyikatan secara perlahan agar tidak merusak tekstur serta warna bahan.


5. Bilas Cucian

Bilas cucian sampai busa detergen hilang. Lakukan pembilasan menggunakan air mengalir agar lebih cepat selesai. Jika tersedia bak berukuran besar, isi dulu dengan air dalam volume yang banyak.


6. Jemur Tanpa Diperas

Setelah tidak ada busa lagi, segera dijemur tanpa diperas. Langkah ini penting sebab pemerasan bisa berisiko menyebabkan bulu tidak dapat mengembang sempurna lagi setelah kering. Perhatikan juga lokasi penjemuran, jangan di bawah terik matahari langsung.

 

Merawat Jaket Bulu Angsa yang Benar

Langkah perawatan jaket berbahan bulu hewan tidak terlalu sulit. Kamu tidak perlu sering-sering mencucinya meski dipakai setiap hari. Setelah pemakaian, cukup digantung menggunakan hanger sesuai ukuran dan diangin-anginkan.

Cara mencuci jaket bulu angsa cukup sebulan sekali atau pada saat tampak sangat kotor. Misalnya karena terkena cipratan lumpur, atau sebelumnya jatuh dan menyebabkan noda menempel. Bahkan jika kotor pada bagian kecil kamu cukup membersihkannya dengan tangan tanpa mencuci.

Hindari menggunakan pemutih pakaian meski tujuannya untuk menghilangkan noda membandel. Bahan kimia yang terkandung pada pemutih pakaian berpotensi merusak serat bulu. Jadi saat menggunakan detergen perlu memilih yang aman.

Proses pengeringan menggunakan mesin tidak perlu lama-lama untuk menghindari kerusakan. Jika terdapat pengaturan suhu, pilih suhu paling rendah. Begitu juga saat memilih pengeringan manual, pilih tempat teduh.

Hindari menggunakan setrika untuk merapikan jaket. Jika ingin menyimpan, pastikan benar-benar kering, lalu lipat seperlunya saja kemudian masukkan pada lemari yang sesuai ukurannya. Atur supaya masih ada celah udara pada lemari guna menghindari gesekan.

Penyimpanan juga harus di ruangan yang benar-benar kering, tidak lembab. Kondisi lingkungan lembab berisiko tubuhnya jamur yang lama-kelamaan bisa merusak bahan. Gunakan pewangi seperlunya pada lemari untuk menghindari bau tidak sedap karena penyimpanan lama.

Lebih ideal lagi jika kamu menggunakan lemari gantung. Gunakan hanger dengan ukuran lebar bahu yang sesuai, dan upayakan sirkulasi udara optimal supaya bahan pakaian hangat ini tahan lama.

Takut pencucian menimbulkan kerusakan? Tenang saja, Getwash Laundry akan membantu kamu membersihkan serta merawat jaket dengan lebih aman. Cek informasi seputar layanan kami melalui website resmi. Tidak perlu lagi bingung cara mencuci jaket bulu angsa, karena sudah ada Getwash Laundry.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Comment